SDIT Insan Kamil Kota Bima Siap 'Gembirakan' Numerasi Murid Fase A Melalui Pelatihan Fasilitator Matematika Gembira

Lombok,NTB (Selasa,30 September 2025) - SDIT Insan Kamil Kota Bima Siap 'Gembirakan' Numerasi Murid Fase A Melalui Pelatihan Fasilitator Matematika Gembira
Upaya untuk meningkatkan kemampuan numerasi murid, khususnya
pada Fase A (kelas 1 dan 2 SD), terus diperkuat. Salah satunya melalui pelatihan
inovatif Matematika GEMBIRA, yang baru-baru ini diikuti oleh guru SDIT
Insan Kamil Santi Kota Bima, Susyantri, S.Pd bersama Nursaniati, S.Pd
guru SDN 10 Penato’i Kota Bima. Keduanya mewakili guru SD Kota Bima mengikuti
pelatihan di Hotel Lombok Raya Kota Mataram selama empat hari sejak rabu 25 September
2025 sampai Minggu 28 September2025.
Pelatihan Fasilitator Matematika GEMBIRA (Gali dan
Eksplorasi Konteks, Muat Konten, Buat Aktivitas, Ikuti Pemikiran Murid, Rayakan
dan Akhiri dengan Gembira) ini dirancang sebagai strategi utama dalam Gerakan
Numerasi Nasional. Tujuannya adalah mengubah stigma bahwa matematika adalah
mata pelajaran yang sulit menjadi pengalaman belajar yang kontekstual,
inklusif, dan menyenangkan.
Siap Diseminasi Alur GEMBIRA !
Alur GEMBIRA ini memberikan kerangka kerja yang sangat jelas
agar pembelajaran matematika tidak hanya berhenti pada menghitung, tetapi
membangun keterampilan berpikir kritis dan aplikasi nyata dalam
kehidupan sehari-hari murid.
Sebagai fasilitator, tugas kami selanjutnya adalah mendiseminasi
materi dari alur GEMBIRA ini kepada guru-guru Fase A lainnya. Harapannya,
seluruh guru dapat mengimplementasikan enam langkah GEMBIRA untuk menciptakan
pengalaman belajar numerasi yang bermakna:
- Gali
dan Eksplorasi Konteks: Murid diajak menggali situasi nyata yang
akrab dalam kehidupannya, lalu mengeksplorasi makna matematis di dalamnya.
- Muat
Konten: Guru memfasilitasi murid dalam mengembangkan konsep-konsep
numerasi ke dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan pengalaman nyata yang
telah dieksplorasi.
- Buat
Aktivitas: Melibatkan murid dalam
praktik nyata, permainan, dan aktivitas interaktif.
- Ikuti
Pemikiran Murid : Memberi ruang bagi guru untuk mengikuti jejak berpikir
murid, miskonsepsi dan memberikan umpan balik yang sesuai dengan cara
mereka memahami dan membangun makna.
- Rayakan
dan Akhiri dengan Gembira: Pembelajaran ditutup dengan refleksi,
yang membantu guru memfasilitasi siswa menyadari apa yang telah
dipelajari, bagaimana proses berpikir yang ditempuh, dan langkah apa yang
bisa diambil berikutnya, dengan kesimpulan yang berkesan dan menumbuhkan
rasa percaya diri.
Penguatan Numerasi sejak dini, sangat dibutuhkan oleh siswa,
Dimana matematika tidak hanya dinilai sebagai rumus-rumus, namun dapat
berkembang pada peningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, tanggap terhadap permasalahan yang ada. Sehingga
siswa dapat tumbuh menjadi generasi cerdas yang membangun Negeri.
#sditinsankamilkobi
#sekolahkarakterqurani
#sekolahkarawimataho
#jsitindonesia