Pembelajaran Berdiferensiasi
Insan Kamil Kota Bima - (Sabtu, 04/11/2023) Pembelajaran Berdiferensiasi
Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar murid. Guru memfasilitasi murid sesuai dengan kebutuhannya, karena setiap murid mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, sehingga pembelajaran diberikan sesuai kebutuhan. Pembelajaran berdiferensiasi hadir untuk mengakomodir kebutuhan belajar murid yang berbeda. Pendidik memfasilitasi murid sesuai dengan kebutuhannya, baik dari kesiapan belajarnya, minatnya maupun gaya belajar murid. Pembelajaran berdiferensiasi dapat dilakukan dengan memetakan murid sesuai dengan hasil asesmen awal pembelajaran dengan kebutuhan belajarnya.
Karena guru merencanakan pembelajaran yang berpihak pada murid sehingga pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal.
Pembelajaran berdiferensiasi terdiri dari diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan. diferensiasi produk. Diferensiasi konten dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan belajar murid, sehingga tingkat kesulitan materi yang diterima murid sesuai dengan kesiapan belajarnya, diferensiasi proses dilakukan dengan mempertimbangkan minat belajar murid agar murid terlibat secara maksimal dan bersemangat selama pembelajaran karena sesuai dengan minat belajar nya, sedangkan diferensiasi produk disesuaikan dengan profil belajar murid sebab murid dapat menghasilkan kreatifitas yang tinggi ketika sesui dengan profil belajarnya.
Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang berpihak pada murid, dan untuk mewujudkan hal tersebut maka pendidik dapat berkerja sama dengan pihak sekolah melalui visi sekolah yang mendukung terwujudnya pembelajaran bermakna bagi murid sehingga dapat menumbuhkan budaya positif dalam diri siswa melalui pembelajaran bermakna.(Ss)