REKE KALOA IKAL LA KARAMAT

REKE KALOA IKAL LA KARAMAT
DISUSUN OLEH : TIM NUMERASI SDIT INSAN KAMIL
LATAR BELAKANG
Reke Kalao diangkat dari bahasa Bima dimana reke memiliki arti
menghitung sedangkan kaloa memiliki arti mencerdaskan sedangkan IKAL merupakan
akronim dari nama sekolah yakni Insan Kamil, sedangkan La Karamat akronim dari
sekolah karawi mataho yang menjadi visi sekolah saat ini, nama La Karamat
sendiri dimasukkan dengan tujuan makna dari kata karamat yang memiliki makna
karomah dengan harapan siswa tidak hanya cerdas pengetahuan namun juga memiliki
nilai kecerdasan religius yang dapat di terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
TUJUAN
Meningkatkan kualitas pembelajaran numerasi untuk menumbuhkan
pemikiran kritis dalam diri siswa agar lebih bijak menghadapi perkembangan
teknologi dan tantangan global saat ini.
Meningkatkan kemampuan numerasi siswa yang dapat dilihat dari nilai
numerasi pada raport pendidikan
MANFAAT
- Bagi Guru :
Meningkatkan kompetensi numerasi guru sebagai salah satu standar
kompetensi yang harus dimiliki.
Guru dapat mengembangkan kemampuan mengajar dalam aspek numerasi
sehingga dapat memberi pengalaman belajar yang mendalam bagi siswa.
- Bagi Siswa :
Siswa dapat memiliki pemikiran kritis dalam menghadapi tantangan.
Siswa memiliki kemampuan numerasi yang baik dan berwawasan luas.
Siswa dapat belajar memberikan kontribusi terhadap permasalahan
sekitar.
TAHAPAN PROGRAM
Penguatan Numerasi dengan Inovasi Reke Kaloa Ikal La Karamat
sebagai berikut
MEMBENTUK TIM NUMERASI SEKOLAH.
Tim Numerasi merupakan pelaksana inovasi reke kaloa Ikal La
Karamat, yang memiliki tugas merancang dan mengembangkan program seperti
memfasilitasi guru untuk mengembangkan kemampuan Numerasi, melakukan coaching
dengan rekan guru terkait pembelajaran dalam menguatkan kemampuan numerasi,
melakukan evaluasi dan refleksi terhadap perkembangan inovasi reke kaloa Ikal La
Karamat, yang kemudian melalui informasi tersebut dapat dirancang tindak lanjut
sebagai acuan perbaikan dan pengembangan inovasi reke kaloa Ikal Karamat.
PENGUATAN KOMPETENSI NUMERASI GURU
Setelah tim numerasi dibentuk, maka selanjutnya tim numerasi
memfasilitasi guru mengembangkan kompetensi numerasi melalui kegiatan IHT, atau
melakukan pelatihan mandiri melalui PMM, guru juga diberi kesempatang
mengembangkan kompetensi numerasi melalui kegiatan coaching dan supervisi,
peningkatan kompetensi numerasi guru juga dilakukan dengan melakukan diskusi
pada komunitas belajar untuk membahas permasalah pembelajaran sehingga dapat
menemukan solusi yang tepat dari pengalaman rekan guru lain dalam permasalahan
yang disampaikan.
PENGUATAN KONSEP
Penguatan konsep dilkukan guru dengan memberikan penguatan pada
kemampuan dasar matematika peserta didik seperti melakukan operasi penjumlahan,
pengurangan, perkalian, maupun pembagian, sebagai modal dasar berhitung,
penguatan konsep ini sangat dibutuhkan oleh peserta didik untuk melatih skill
berhitung yang nantinya dapat digunakan dalam penerapan numerasi. Penguatan
konsep dasar tentunya didampingi dengan pemahaman konsep yang benar sehing
siswa tidak sekedar menghafal namun dapat menerapkannya dengan baik, penguatan
konsep dilakukan oleh guru menggunakan berbagai metode yang mudah dimengerti
dan dengan cara yang menyenangkan bagi siswa.
PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
Pembelajaran kontekstual dilakukan agar dapat membuka cakrawala
berpikir siswa, melalui pembelajaran kontektual siswa dapat lebih mengenal
pembelajaran numerasi dan penerapannya.
PEMBELAJARAN TERINTEGRASI
Melibatkan perpaduan pembelajaran literasi dan numerasi untuk
meningkatkan pemahaman konsep siswa tidak hanya pada pembelajaran matematika
namun pembelajaran numerasi yang terintegrasi dengan pelajaran lainnya.
PENUTUP
Nama Reke Kaloa IKAL La Karamat dibuat dengan harapan dapat
mencerdaskan kemampuan berhitung siswa dari aspek Numerasi dengan berbagai
program yang sesuai dengan visi sekolah dengan kata lain siswa tidak hanya
cerdas berhitung namun memiliki kemampuan numerasi yang baik sehingga ilmu yang
diperoleh dapat memberi anfaat dan keberkahan dalam hidup
TERIMAKASIH